Partai baru di pemilu 2019 . siapkah berkompetisi sehat

.



Setelah Pendaftaran peserta dan pelengkapan dokumen bagi partai politik peserta Pemilihan Umum 2019 telah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Terdapat 14 partai politik yang lolos seleksi dengan empat partai peserta baru yakni
Partai Persatuan Indonesia (Perindo),
Partai Solidaritas Indonesia (PSI),
Partai Berkarya, dan
Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda).


Keempat partai baru seperti bersepakat untuk menetapkan ideologi Pancasila sebagai platform partai.
Keputusan partai-partai baru tersebut secara sederhana, ditambah Partai Bulan Bintang ( PBB) yang gagal memenuhi syarat pendaftaran peserta Pemilu 2019, dapat dilihat sebagai semakin tegasnya tren kemunduran partai berasaskan Islam pasca-tumbangnya Orde Baru.


Meski demikian, harapan partai-partai baru untuk bertarung dengan hanya bermodal belanja iklan maupun aktif bermedia sosial tanpa modal basis massa akan tetap sulit meraup suara.
Pasalnya, pada dasarnya jumlah pemilih terbesar tetap masyarakat yang tinggal di pedesaan yang tidak memiliki akses Internet. (kata siapa masih ada daerah teringgal) . harapan semua sudah...

 Selain itu, para pemilih yang belum memiliki tingkat literasi media yang cukup itu umumnya sekadar masih menjadikan televisi free to air berbasis di Jakarta sebagai referensi politik. Mereka akan sulit untuk secara serta merta beralih pilihan pada partai-partai baru. Kalau begini sudah bisa ditebak mana partai baru yang akan cukup meraih suara.

Bukan hanya sebagai pelengkap tapi harus siap berkompetisi secara sehat dalam nuasa demokrasi saat ini

nara sumber ; rangkuman media dan KPU media

Tidak ada komentar